Inilah Alur Pembukuan Koperasi Simpan Pinjam

Di postingan berikut kita akan menjelaskan bagaimana alur cara mencatat pembukuan (akuntansi) di  Koperasi Simpan Pinjam. Untuk koperasi yang dimaksud bisa meliputi Kopkar, KPRI, Kopentren, Kopwan maupun KSU/KSP dan lain-lain. Sedangkan untuk koperasi yang menggunakan system syariah murni / seperti BMT bisa berkunjung ke blog kami di syariahsimpanpinjam.wordpress.com.

Alur Sinjam

Alur dari pembukuan Koperasi Simpan Pinjam tersebut dapat di lihat dari gambar diatas, berikut penjelasannya :

  1. Dimulai dari memasukkan data anggota koperasi yang sudah ada maupun yang nantinya baru mendaftar menjadi anggota langsung.
  2. Ketika dari anggota koperasi memiliki simpanan, maka anggota tersebut harus didaftarkan didata penabung. Berlaku untuk apapun jenis simpanannya (Wajib/pokok, sukarela atau berjangka dll) dan ketika beda jenis simpanannya maka beda pula nomor rekening simpanan yang terdaftar. 
  3. Dan untuk anggota yang akan meminjam atau mengajukan realisasi pinjaman, harus didata peminjamnya terlebih dahulu dengan infomasi yang lengkap mulai dari nama, jumlah realisasi, jenis bunga, jangka waktu, periode dan jaminan jika ada.
  4. Bagian kasir yang bertanggung jawab pada pendataan angggota dan transaksinya.
  5. Kasir akan mentransaksikan jika ada kas masuk (selain yang berhubungan dengan simpanan dan pinjaman) dan biaya-biaya yang dikeluarkan koperasi kan ditransaksikan melalui menu kas/bank.
  6. Sedangkan jika ada anggota yang melakukan setoran atau penarikan simpanan maka kasir mentransaksikan melalui menu transaksi simpanan.
  7. Dan jika ada anggota yang melakukan realisasi pinjaman, pembayaran bunga atau angsuran pinjaman, kasir mentransaksikannya melalui menu transaksi pinjaman.
  8. Selain dari pinjaman, simpanan dan kas, transaksi non kas digunakan untuk transaksi selain yang 3 transaksi tersebut misalnya penyusutan dll.
  9. Dari 4 transaksi di atas, semua akan menghasilkan sebuah jurnal secara otomatis ketika proses transaksi selesai dilakukan tanpa harus membuat jurnal lagi.
  10. Dan laporan keuangan pun sudah bisa dilihat dan dicetak langsung mulai dari rekap jurnal, buku bantu perkiraan, neraca lajur, rugi laba, neraca dll.
  11. Online Report ini akan membantu pihak pengurus untuk memantau data koperasi persaat itu juga secara online, bisa diakses di laptop maupun smartphone dengan syarat koperasi harus ada jaringan internet yang tersambung dengan databasenya armadillo.
  12. Jika tidak ada jaringan online, armadillo juga bisa menggunakan sistem offline yaitu sms bangking koperasi. Jadi anggota bisa mengetahui saldo pinjaman maupun simpanan pada koperasi tanpa harus repot-repot datang ke koperasinya, cukup dengan sms anggota sudah bisa mengetahui saldonya.

Demikian penjelasan mengenai alur pembukuan koperasi simpan pinjam, untuk masing-masing proses yang dilakukan di masing-masing tahap, silahkan membaca postingan-postingan kami yang lainnya.

Jika masih belum jelas silahkan hubungi kami , kami siap membantu.

Silahkan download juga system ARMADILLO ACCOUNTING yang bisa di gunakan untuk usaha koperasi simpan pinjam Anda.

Salam sukses.

 

About Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Posted on August 24, 2016, in Menjalankan Komputerisasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: