Mudah Cetak Buku Tabungan atau Kartu Simpanan Anggota Koperasi

anggota-puas-buku-simpanan-koperasi-tercetak

 

Buku tabungan atau pada koperasi kita menggunakan istilah Buku Simpanan bukanlah sekedar bukti transaksi saja, namun hal ini merupakan parameter kredibilitas koperasi dalam pengelolaan dana yang disetorkan anggota pada koperasi, baik melalui simpanan pokok, simpanan wajib, maupun simpanan sukarela sampai dengan simpanan berjangka (deposito).

Masih sering kita temui di masyarakat, koperasi-koperasi masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan keuangannya, termasuk salah satunya dalam cetakan buku simpanan anggota koperasi. Beberapa ada yang masih menggunakan mesin ketik atau bahkan masih hanya sekedar tulisan tangan.

tabungan-tulis-tangan

Bagi beberapa orang mungkin ini masih dinilai wajar dan biasa saja. Namun, mengingat persaingan semakin ketat, koperasi Indonesia harusnya selalu dan mampu berinovasi untuk peningkatan pelayanan anggota, salah satunya ya dengan menghadirkan buku tabungan atau kartu simpanan yang lebih baik. Percaya atau tidak, berdasarkan pengalaman tim Armadillo Accounting selama ini dalam mengkomputerisasi koperasi, hadirnya buku tabungan atau kartu simpanan dengan sistem cetakan komputer, bisa meningkatkan kolektibilitas simpanan koperasi sampai dengan 200-300% dalam waktu singkat.

Bagaimana dengan koperasi Anda? sudahkah mempunyai buku simpanan koperasi yang kredibel? atau sudah ada tapi masih merasa belum puas. Apa saja pertimbangan dan bagaimana implementasinya, kita akan coba ulas satu persatu.

antri-panjang

Pertimbangan pertama, tentunya adalah banyaknya anggota. Semakin banyak anggota, maka dibutuhkan pelayanan yang lebih cepat dan biaya pencetakan buku tabungan juga semakin besar. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips dari kami bagi Anda para pejuang koperasi Indonesia🙂

Jika anggota koperasi Anda sudah mencapai angka  500-1000 orang atau bahkan lebih, maka disarankan untuk menggunakan printer passbook sebagaimana yang digunakan di bank-bank dan media cetaknya adalah berupa buku simpanan (bukan kartu simpanan) sehingga Anda bisa berhemat dalam biaya cetak kartu simpanan. Tapi ingat, buku tabungan yang dipesan haruslah dijahit bagian tengahnya bukan staples, karena bisa merusak printer Anda jika terkena jarum printer. Adapun investasinya adalah pada printer passbook itu sendiri, karena saat ini harganya cukup mahal berkisar 7 juta rupiah. Namun dengan harga tersebut tentunya yang didapat juga lebih, printer passbook selain pengoperasian mudah dan tahan lama (awet), printer ini mampu mendeteksi pinggiran buku secara otomatis sehingga kesalahan pencetakan atau cetakan miring akan sangat minim.

Epson-PLQ-22

Printer di atas adalah seri PLQ besutan dari epson, memiliki fitur yang sama dengan passbook produksi IBM. untuk harga PLQ ini sedikit lebih murah tapi masih di kisaran 6 jutaan. Perbedaan yang mencolok hanya pada body plastik yang digunakan, sementara IBM passbook berbahan metal atau besi. Tapi berdasar pengalaman tim Armadillo yang sudah mengkomputerisasi ratusan koperasi, kedua pilihan printer tersebut sama-sama awet. mungkin pertimbangan bagi Anda adalah pilih merk yang memiliki service center yang terdekat dengan koperasi Anda.

Namun jika anggota koperasi Anda masih dalam kisaran 100-200 orang saja, maka Anda masih bisa menggunakan Kartu Simpanan (kertas tebal satu lembar) saja dengan printer dot matrix biasa seperti LX-300 yang biasa kita temui di wartel-wartel waktu itu. Epson LX-300 meiliki harga di kisaran 2 juta rupiah kurang sedikit. Tentu saja dalam pengoperasionalannya, dot matrix biasa agak lebih susah karena Anda harus pas saat memasukkan kartu simpanan tapi itu hanya masalah kebiasaan saja😀

Bagaimana dengan koperasi Anda? keputusan tetap di tangan Anda. Namun jika memerlukan saran dan pertimbangan lebih lanjut silakan hubungi kami untuk informasi tersebut, akan kami bantu🙂

Selanjutnya bagaimana implementasinya pada sistem komputer. Mudah saja, pada Armadillo Simpan Pinjam klik Menu – Setup – Setup Kartu – Kartu Simpanan

setting-kartu-simpanan

Pertama, untuk mengaktifkan fitur cetak buku / kartu simpanan, Anda harus merubah metode pencetakan menjadi “cetak langsung”. Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan jarak pencetakan, jumlah baris, jenis dan ukuran huruf, dsb. Selanjutnya, saat transaksi simpanan setelah transaksi tersimpan, klik tombol cetak kartu dan tentukan mulai posisi baris berapa transaksi tersebut akan tercetak pada kartu atau buku simpanan.

cetak-baris-kartu-simpanan

 

Otomatis default printer pada komputer Anda akan mencetak sebagaimana berikut :

hasil-cetak-baris-transaksi-buku-tabungan

Perhatikan : Saat Anda mengklik OK akan muncul pertanyaan “apakah data sudah tercetak dengan benar?” sebaiknya tidak menjawab “Yes” atau “No” terlebih dahulu, namun tunggu sampai data tercetak dengan benar baru jawab Yes atau jawab No jika ingin mengulang pencetakan karena salah cetak misalnya. Sistem juga otomatis akan mencetak transaksi-transaksi yang belum pernah tercetak juga jika ada, seperti hasil posting bunga simpanan contohnya.

konfirmasi-cetak-buku-tabungan

 

About Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Posted on September 20, 2014, in Mengenal Hardware, Menjalankan Komputerisasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Kami tertarik untuk seluruh progres dan produck yang anda miliki. Kami berkantor pusat di jakarta dan tertarik untuk bekerjasama dalam memasarkan progres dan produck anda melalui ” acara acara seminar dan pelatihan bagi parabpengurus koperasi “, jika saudara berkenan.mohon di balas email ini dengan menjelaskan syistem dan mekanisme kerjasama yang saling menguntungkan. Demikian harap menjadi maklum. Salam sukses by kopnakerindo

  2. Heldina Ziliwu

    Salam, saya sangat tertarik dengan prosedur transaksi penyimpanan simpanan anggota. Saya ingin mendapatkan sofwere aplikasinya. Gimana caranya…? Mohon arahan dari Bapak Ibu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: